Rabu, 11 Juni 2014

kota kupang , kota kasih

Assalamualaikum guys .. :)
Hari ini aku mau posting tentang kota kupang alias Tanah kelahiran saya :)


Kota Kupang adalah sebuah kotamadya dan sekaligus ibu kota provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia. kotamadya ini adalah kota yang terbesar di pesisir teluk kupang, di bagian barat laut
Sebagai kota terbesar di provinsi NTT Kota Kupang dipenuhi oleh berbagai suku bangsa. Suku yang signifikan jumlahnya di "Kota Kupang" adalah suku Timor , Rote, Sabu Tionghoa, Flores dan sebagian kecil pendatang dari Jawa

Suhu rata-rata di Kota Kupang berkisar antara 23,8°C sampai dengan 31,6°C. Tempat-tempat yang letaknya dekat dengan pantai memiliki suhu udara yang rata-rata relatif lebih tinggi. Kelembaban udara rata-rata berkisar antara 73 persen sampai dengan 99 persen
Curah hujan selama tahun 2010 tercatat 1.720,4 mm dan hari hujan sebanyak 152 hari. Curah hujan tertinggi terjadi pada bulan Januari, yaitu tercatat 598,3 mm, sedangkan hari hujan tertinggi terjadi pada bulan Desember dengan 28 hari hujan . jadi banyak pendatang mengatakan kalau kota kupang itu panas sekali tapi orang kupang asli merasa biasa saja . mungkin sudah kebiasaan :)

Kota Kupang adalah kota yang multi etnis dari suku Timor, Rote,Sabu  , Sumba  sebagian kecil suku Tionghoa dan pendatang dari Ambon dan beberapa suku bangsa lainnya. Tetapi terlepas dari keragaman suku bangsa yang ada, penduduk Kota Kupang akan menyebut diri mereka sebagai "Beta orang Kupang".
 kota kupang didominasi oleh pemeluk agama Kristen dan Katolik namun pemeluk agama Islam , Hindu , Budha serta Konghuchu tetap dapat melakukan kegiatan ibadahnya masing-masing . karena warga kota kupang sangat menjujung tinggi nilai toleransi agama .maka muncullah sebutan bagi kota kupang , Kota Kupang ,Kota Kasih :)

karena wilayah NTT lebih didominasi oleh lautan , maka tak heran sangat banyak tempat wisata Bahari di NTT khususnya diKupang . diantaranya ;
pantai Tablolong
  1. pantai Tablolong
     
    Pantai Tablolong terletak agak jauh dari Kota Kupang ditempuh sekitar 2 jam dengan motor dari daerah Tenau, Kupang. Keunikan dan Eksotisme pariwisata pantai Tablolong terletak di warna pasir yang kemerah jambuan dengan dua warna air laut, biru dan hijau. Cukup membayar tiket masuk ke  Pantai Tablolong seharga Rp5000 dan kita menikmati suasa pantai yang dengan pohon yang mirip bonsai.                
  2.  pantai Lasiana                                                                                                                   

      Terletak di Nusa Tenggara Timur, keberadaan pantai ini persis dijantung Kota Kupang. Di Pantai ini, biasanya ramai dikunjungi oleh masyarakat Kota Kupang maupun luar Kota Kupang disaat hari libur nasional maupun hari minggu . Dengan panorama hamparan pasir dan indahnya pemandangan sunset disore hari, seakan-akan menarik  para pengunjung untuk lebih lama bercengkerama disana sambil menikmati keindahannya.
    Selain hamparan pasir dan indahnya sunset, para pengunjung juga akan dimanjakan dengan makanan lokal khas Kupang seperti jagung bakar, pisang epe atau pisang bakar yang dilumuri dengan mentega, gula air (air dari pohon Nira yang telah dimasak) dan keju serta minuman khas pantai, es kelapa muda.

    Di pesisir pantai Lasiana juga sudah tersedia pondok atau dengan bahasa lokalnya adalah lopo. Lopo ini sengaja di bangun oleh pemerintah setempat agar memberikan kenyamanan kepada para pengunjung disaat terik matahari atau hujan melanda Kota Kupang.
    Pantai lasiana


















3. Gua Kristal

Gua kristal
Gua Kristal yang dalam bahasa kerennya "Crystal Cave"
Please.. jangan membayangkan didalam gua tersebut dipenuhi kristal-kristal yang menawan dan memantulkan cahaya ketika disinari matahari. :-) Gua Kristal yang terdapat di Kupang ini adalah sebuah gua yang gelap dan di dalamnya terdapat ribuan liter air yang "terjebak". hehe.. Konon katanya penggunaan kata Kristal pada gua tersebut karena di dalam gua terdapat air yang sangat jernih dan ketika kena matahari dapat memantulkan cahaya kecil layaknya sebuah kristal. Gua Kristal ini berada di daerah Bolok, sekitar 20 km dari kota Kupang.


 selain ketiga tempat wisata diatas , masih banyak lagi tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi di Kupang NTT . so join visit to Kupang , kota Kasih :)
Terima Kasih :) :) :) <3


sumber ; Disini dan Disini


Tidak ada komentar:

Posting Komentar